PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, UKURAN DEWAN KOMISARIS, CONSUMER PROXIMITY DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2021-2023

MELANI, NI WAYAN DIAH (2025) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, UKURAN DEWAN KOMISARIS, CONSUMER PROXIMITY DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2021-2023. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
5019.FEB-AK (2102622010130)-15-48.pdf - Other

Download (379kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
5019.FEB-AK (2102622010130).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility mengacu pada perusahaan yang tidak hanya mementingkan kinerja laba, melainkan perusahaan juga ikut serta dalam memperhatikan lingkungan masyarakat, berkomitmen pada tanggung jawab sosial, bertindak dan beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk peningkatan ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran dewan komisaris, consumer proximity dan media exposure terhadap corporate sosial responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode 2021-2023.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stakeholders dan teori legitimasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023 berjumlah 208 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini 176 perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate sosial responsibility, yariabel likuiditas tidak berpengaruh terhadap corporate sosial responsibility, variabel ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap corporate sosial responsibility, variabel consumer proximity tidak berpengaruh terhadap corporate sosial responsibility dan variabel media exposure berpengaruh positif terhadap corporate sosial responsibility perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-20223.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/5019/FEB-AK/2025
Uncontrolled Keywords: corporate sosial responsibility, profitabilitas, likuiditas, ukuran dewan komisaris, consumer proximity, media exposure
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Likuiditas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 20 May 2025 03:09
Last Modified: 20 May 2025 03:09
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8498

Actions (login required)

View Item
View Item