AGUSTINA, NI KADEK RINDI (2025) PENGARUH FLASH SALE, FASHION INVOVELMENT DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE OLEH GENERASI Z DI KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7194.FEB-MAN (2102612010454)-13-47.pdf - Other
Download (845kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7194.FEB-MAN (2102612010454).pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Pertumbuhan e-commerce Shopee dipicu oleh perkembangan teknologi dan kebiasaan berbelanja masyarakat terutama Generasi Z yang semakin terbiasa menggunakan perangkat digital. Adanya kemudahan transaksi 24 jam, pilihan produk yang beragam, serta adanya promosi menarik seperti diskon dan flash sale mendorong pembelian impulsif. Shopee dengan visinya yang mengedepankan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan telah berhasil menarik minat konsumen menjadikannya platform e-commerce terpopuler di Indonesia pada tahun 2023.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh flash sale, fashion invovelment, dan positive emotion terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee oleh Generazi Z di Kota Denpasar.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian adalah pengguna e-commerce Shopee di Kota Denpasar dengan sampel berusia 17-27 tahun diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 120 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi, serta dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda.
Penelitian ini menunjukkan bahwa flash sale dan fashion involvement berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan fashion involvement memiliki dampak terbesar. Sedangkan, positive emotion memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan secara statistik terhadap impulse buying. Saran penelitian ini mencakup optimalisasi flash sale, peningkatan fashion involvement melalui kampanye kreatif, pengelolaan positive emotion untuk pengalaman belanja menyenangkan, serta memperluasan sampel dan penambahan variabel lainnya untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/7194/FEB-MAN/2025 |
Uncontrolled Keywords: | ash sale, fashion invovelment, positive emotion, impulse buying, e- commerce Shopee |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > E-commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 08 May 2025 05:31 |
Last Modified: | 08 May 2025 05:31 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8395 |