PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, SOSIALISASI PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT KOTA DENPASAR

PURNAMAYANTA, I PUTU ANGGA (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, SOSIALISASI PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
5116.FEB-AK (2102622010080)-15-41.pdf - Other

Download (573kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
5116.FEB-AK (2102622010080).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pajak sebagai penerimaan negara akan digunakan sebagai alat untuk pembangunan negara dan menseja Pajak sebagai salah satu sumber penerimaan negara berperan penting dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satu jenis pajak daerah yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kendaraan di Bali terus menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akses pajak, kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, sosialisasi pajak, dan sanksi pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Denpasar.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Denpasar dengan metode pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner kepada wajib pajak kendaraan bermotor di wilayah tersebut. Populasi penelitian mencakup 822.426 wajib pajak yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Denpasar. Dengan menggunakan rumus Slovin, ditetapkan sampel sebanyak 100 responden, yang dipilih melalui teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda yang diolah melalui aplikasi IBM SPSS 25.0 for Windows.
Hasil analisis menunjukan bahwa Pengetahuan Pajak berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor bersama Samsat Kota Denpasar sedangkan Kualitas pelayanan Pajak, Sosialisasi Pajak, Kesadran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor bersama Samsat Kota Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/5116/FEB-AK/2025
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan Pajak,Pengetahuan Pajak ,Sosialisasi Pajak Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Wajib Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 08 Apr 2025 04:32
Last Modified: 08 Apr 2025 04:32
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item
View Item