PENGARUH IDOL K-POP SEBAGAI BRAND AMBASSADOR, IKLAN, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLEH GENERASI Z PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA

PUTRI, NI MADE ADRINA VIONITA (2025) PENGARUH IDOL K-POP SEBAGAI BRAND AMBASSADOR, IKLAN, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLEH GENERASI Z PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.6645.FEB-MAN-15-52.pdf - Other

Download (495kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.6645.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tokopedia, sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, menjadi pilihan utama bagi generasi z dalam memenuhi kebutuhan belanja mereka melalui platform online. Generasi z yang dikenal sebagai konsumen digital sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam keputusan pembelian mereka, termasuk pengaruh dari iklan dan figur selebriti. Fenomena yang berkembang pesat adalah penggunaan idol k-pop sebagai brand ambassador dalam iklan produk. Penggunaan idol k-pop ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan popularitas produk, tetapi juga diharapkan dapat membentuk brand image yang kuat, yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh idol kpop sebagai brand ambassador, iklan dan brand image terhadap keputusan pembelian produk oleh generasi z pada marketplace Tokopedia. Populasi penelitian adalah konsumen generasi z yang berdomisili di kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 responden yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk oleh generasi z pada marketplace Tokopedia, sedangkan iklan dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk oleh generasi z pada marketplace Tokopedia. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat memperluas jangkauan penelitian dengan melibatkan responden dari berbagai kelompok generasi, serta dilakukan dalam jangka waktu yang lebih panjang agar dapat memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dalam konteks yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/6645/FEB-MAN/2025
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Iklan, Brand Image dan Keputusan Pembelian
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: ib indra pratama
Date Deposited: 17 Feb 2025 05:08
Last Modified: 17 Feb 2025 05:08
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item
View Item