EVITASARI, NI KADEK (2025) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DENGAN SIKAP PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA PENGGUNA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KABUPATEN KLUNGKUNG). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.6623.FEB-MAN_BAB I-II.pdf - Other
Download (334kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.6623.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Minat penggunaan e-commerce merupakan tingkat keinginan dalam menggunakan platform e-commerce. Munculnya minat dalam penggunaan suatu ecommerce dapat diukur dengan kemudahan dalam penggunaan e-commerce tersebut. Persepsi kemudahan penggunaan akan membentuk sikap, dimana sikap penggunaan menjadi dasar berminat atau tidaknya dalam penggunaan suatu ecommerce. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan e-commerce Tokopedia, persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap penggunaan ecommerce Tokopedia, sikap penggunaan terhadap minat penggunaan e-commerce Tokopedia dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan melalui sikap penggunaan sebagai variabel mediasi pada e-commerce Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna e-commerce Tokopedia di Kabupaten Klungkung. Sampel penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce Tokopedia. Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan e-commerce Tokopedia. Sikap penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce Tokopedia. Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce Tokopedia melalui sikap penggunaan sebagai variabel mediasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/6623/FEB-MAN/2025 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi kemudahan penggunaan, minat penggunaan, sikap penggunaan |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Minat Penggunaan E-commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | ib indra pratama |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 05:43 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 05:43 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/8123 |