RIAN, VENANSIUS (2022) STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA DI KELOMPOK TANI LEKET SARI DESA WANAGIRI, KECAMATAN SUKASADA, KABUPATEN BULELENG. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.389 FP-AGB BAB I-II.pdf - Other
Download (197kB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.389 FP-AGB.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Abstrak
Kopi arabika adalah kopi yang paling baik mutu cita rasanya dengan cita rasa yangkuat dan rasa sedikit asam, kandungan kafien: 1-1, 3%. Tanda-tandanya ialah bijipicak dan daun hijau tua dan berombak-ombak. Biji kopi arabika berukuran cukupbesar, dengan bobot 1822 g tiap 100 biji. Tujuan dari penelitian adalah untukmengetahui faktor internal dan eksternal dan Menentukan strategi alternatifpemasaran kopi arabika Di Kelompok Tani Leket. Lokasi penelitian ditentukandengan metode purposive sampling (sengaja dengan pertimbanagn tertentu.Sedangkan sampel responden ditentukan dengan teknik purposive sampling denganjumlah responden 50 orang yang terdiri dari 45 responden internal dan 5 orangresponden eksternal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan metode analisis matriks IFAS, matriks EFAS dan analisis SWOT.Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatannya adalah memiliki kualitaskopi arabika yang baik dengan total nilai skor (0,269), faktor Kelemahannya dalahmodal yang terbatasdengan total skor (0,138), faktor peluangnya adalah harga kopiterjamin dipasaran dengan total skor (0,270), faktor ancamanya adalah perubahaniklim dengan total skor (0,157). Berdasarkan total matriks IFAS dan matriks EFASmenempatkan strategi pemasaran kopi arabika berada pada kuadran I artinyastrategi yang dapat dilaksanakan pada kuadran I adalah tumbuh dan membangun.Sehingga strategi yang sesuai adalah strategi S-O Strategi ini yang mengunakankekuatan untuk memanfaatkan peluang. Ada 2 strategi yang digunakan padastrategi S-O yaitu: 1.) Mengunakan branding sertifikat indikasi geografis untukmemperluas jaringan pasar ekspor (S2, S7,O1, O2,O5). 2.) Mempertahankankualiatas produk untuk memperluas permintaan kopi arabika(S1,S10,O4,O8,O9)
Abstract
Arabica coffee is coffee with the best quality, taste with a strong taste and slightlysour taste, caffeine content: 1-1.3%. The signs are pickled seeds and dark green andundulating leaves. Arabica coffee beans are quite large, weighing 1822 g per 100beans. The purpose of this study was to determine internal and external factors anddetermine alternative marketing strategies for Arabica coffee in the Leket FarmerGroup. The research location was determined by purposive sampling method(deliberately with certain considerations). Meanwhile, the sample of respondentswas determined by purposive sampling technique with a total of 50 respondentsconsisting of 45 internal respondents and 5 external respondents. The analyticalmethod used in this study used the IFAS matrix analysis method. , EFAS matrixand SWOT analysis.The results showed that the strength factor was having goodquality Arabica coffee with a total score of (0.269), the weakness factor was limitedcapital with a total score (0.138), the opportunity factor was guaranteed coffeeprices in the market with a total score (0.270), the threat factor is climate changewith a total score (0.157).Based on the total IFAS matrix and EFAS matrix, theArabica coffee marketing strategy is placed in quadrant I, meaning that the strategythat can be implemented in quadrant I is to grow and develop.So the appropriatestrategy is stra S-O strategy This strategy uses strength to take advantage ofopportunities. There are 2 strategies used in the SO strategy, namely: 1.) Usinggeographic indication certificate branding to expand the export market network (S2,S7, O1, O2, O5). 2.) Maintain product quality to expand demand for Arabica coffee(S1, S10, O4, O8, O9)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R.389 FP-AGB / 2022 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Analisis SWOT |
Subjects: | F. PERTANIAN DAN BISNIS > Kopi Arabika |
Divisions: | Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis |
Depositing User: | adhi satriawan |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 02:07 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 02:07 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7981 |