STRATEGI PENGEMBANGAN ECO-EDU WISATA PERKOTAAN DI SUBAK SEMBUNG DESA PEGUYANGAN KECAMATAN DENPASAR UTARA

LESTARI, PUJI (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN ECO-EDU WISATA PERKOTAAN DI SUBAK SEMBUNG DESA PEGUYANGAN KECAMATAN DENPASAR UTARA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.214.FPB-AGB_BAB I-II.pdf - Other

Download (109kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.214.FPB-AGB.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (968kB)

Abstract

Subak Sembung merupakan area persawahan yang masih ada dan terdapat di pusat kota Denpasar. Memiliki batas-batas hidrologis yang berada pada Desa Peguayangan Kaja, Desa Peguyangan Kangin dan Kelurahan Peguyangan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor internal dan eksternal dan juga menganalisis strategi alternatif dalam pengembangan Eco-Edu Wisata Perkotaan di Subak Sembung .Sample yang digunakan sebanyak 28 orang dengan menggunakan metode observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi serta studi literatur. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Analisis SWOT dan Analisis QSPM. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis faktor internal dan eksternal yaitu Subak Sembung berada di posisi (growth & build) yang berarti kembang dan bangun yang menghasilkan strategi berupa intensif (penetrasi pasar dan pengembangan produk) yaitu penetrasi pasar dengan memaksimalkan sarana promosi dengan menawarkan keunikan yang dimiliki Subak Sembung sebagai destinasi wisata edukasi di perkotaan (belajar pertanian organik, adanya konsevasi burung jalak, pemanfaatan biourin untuk di aplikasikan ke tanaman).

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/214/FPB-AGB/2021
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Ekowisata, Wisata Edukasi, Subak Sembung
Subjects: F. PERTANIAN DAN BISNIS > Subak
Divisions: Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis
Depositing User: ib indra pratama
Date Deposited: 02 Jan 2025 04:01
Last Modified: 02 Jan 2025 04:01
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7835

Actions (login required)

View Item
View Item