NUGROHO, BENEDICTUS REZY WINOTO (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, DISKON DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PADA PENGGUNA AKTIF APLIKASI SHOPEE DI DENPASAR). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.6294.FEB-MAN_BAB I-II.pdf - Other
Download (387kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.6294.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin pesat sekarang ini mengarahkan segala aspek kehidupan manusia menuju kepada modernisasi. Aspek memenuhi kebutuhan hidup seperti berbelanja tentunya juga mengarah kepada modernisasi serta meningkat dengan sangat pesat. Marketplace merupakan salah satu inovasi berbelanja di era modernisasi tersebut. Inovasi yang ditawarkan oleh marketplace adalah perannya sebagai pihak ketiga yang menjadi perantara atau tempat berkumpul antara banyak penjual dengan para pembelinya. Sekarang ini telah banyak marketplace mengisi pasar belanja online di Indonesia. Shopee sebagai salah satu marketplace yang mengisi pasar Indonesia tersebut memiliki status sebagai pemain termuda dan juga yang terpopuler dibandingkan marketplace pesaing lainnya seperti Tokopedia dan Bukalapak yang masing-masing telah terlebih dahulu menyediakan layanan e-marketplace di Indonesia. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menyingkap dasar dari fenomena tersebut melalui analisa pengaruh online costumer review, diskon, dan tagline “gratis ongkir” terhadap keputusan pembelian oleh pengguna aktif Marketplace Shopee khususnya di Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di Marketplace Shopee. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu konsumen yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti dengan total 150 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online serta menggunakan berbagai teknik pada analisis regresi linier berganda. Hasil yang didapat adalah bahwa variabel online costumer review, diskon, dan tagline “gratis ongkir” memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian oleh pengguna aktif Marketplace Shopee. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat lebih memperluas kajian tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/6294/FEB-MAN/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Online Costumer Review, Diskon, Tagline “Gratis Ongkir”, Keputusan Pembelian |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Online Customer Reviews |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 05:41 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 05:41 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7398 |