KRISNA, I PUTU (2024) PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WEBSITE PENIDAGO.COM. Masters thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.207.FEB-MM_BAB I-II.pdf - Other
Download (606kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.207.FEB-MM.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi berdampak pada bisnis travel and tour yang saat ini telah bergeser menjadi layanan online travel and tour. Salah satu penyedia jasa layanan online untuk travel dan tour yang saat ini menunjukkan perkembangan bisnis yang meningkat adalah Penidago.com. Keberhasilan Penidago.com dalam menjalankan bisnis tidak terlepas dari keberhasilannya dalam menciptakan keputusan pembelian yang dilakukan wisatawan pada layanan yang disediakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh online customer review dan perceived ease of use terhadap keputusan pembelian dan keberhasilan citra merek dalam memediasi pengaruh perceived ease of use dan perceived ease of use terhadap keputusan pembelian pada website Penidago.com. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan desain hubungan kausal atau sebab akibat. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pengguna e-commerce Penidago.com selama periode penelitian yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti. Besar sampel penelitian ditentukan dengan rumus Cochran sehingga diperolehs ampel sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, perceived ease of use berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, perceived ease of use berpengaruh positif, tetapi tidak signifikan terhadap citra merek, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada website Penidago.com. Citra merek terbukti memediasi pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada website Penidago.com dengan efek mediasi secara parsial (partially mediated). Citra merek tidak memediasi pengaruh perceived ease of use terhadap keputusan pembelian pada website Penidago.com.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | R/207/FEB-MM/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Citra Merek, Online Customer Review, Perceived Ease of Use, Keputusan Pembelian |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Online Customer Reviews |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 01:28 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 01:28 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7284 |