PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DALAM ERA NEW NORMAL (Studi Kasus pada E-commerce Shopee di Kota Denpasar)

ALVINAYANTI, NI MADE AYU EVA (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DALAM ERA NEW NORMAL (Studi Kasus pada E-commerce Shopee di Kota Denpasar). Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.3982 FEB-MAN BAB I-II.pdf - Other

Download (566kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.3982 FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak

Saat ini, penggunaan teknologi informasi di muka bumi semakin canggih.Jumlah pengguna internet di Indonesia kian meningkat seiring denganmeningkatnya jumlah pengguna social media di Indonesia. Selama pandemiCOVID-19 melanda dunia, kegiatan jual beli di pasar maupun di supermarketdibatasi. Masyarakat pun mulai beralih dengan berbelanja online. Salah satumarketplace yang menjadi favorit banyak orang adalah Shopee. Selama tahun 2020hingga 2021, Shopee mencatat peningkatan jumlah pengguna dan transaksi yangsignifikan. Tentunya ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhimeningkatnya jumlah transaksi pada e-commerce Shopee. Maka dari itu, penelitibertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, kemudahanpenggunaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian selama era newnormal pada e-commerce Shopee.Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Metode pengumpulan data melaluipenyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen ecommerce Shopee yang pernah melakukan transaksi pembelian selama satu tahunterakhir dan berdomisili di Kota Denpasar. Dalam pembagian sampel penelitimengunakan proportional sampling dengan jumlah 25 responden per kecamatansehingga jumlahnya sama rata. Teknik analisis data dalam penelitian inimenggunakan teknik analisis linear berganda yang diolah menggunakan aplikasiIBM SPSS 25.0 for Windows.Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Social media marketing tidakberpengaruh terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee 2)Kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada ecommerce Shopee 3) Kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusanpembelian pada e-commerce Shopee.

Abstract

Nowadays, the use of information technology on earth is increasinglysophisticated. The increase of internet users in Indonesia is in line with the socialmedia users. During the COVID-19 pandemic, buy and selling activities in marketsand supermarkets are limited. People are starting to shop online. One of the mostpopular marketplaces is Shopee. During 2020 to 2021, Shopee recorded asignificant increase in the number of users and transactions. Of course, there areseveral factors that might affect the increasing number of transactions on Shopeee-commerce. Therefore, the researcher aims to determine the effect of social mediamarketing, ease of use and quality of information on purchasing decisions duringthe new normal era in Shopee e-commerce.This research was conducted in Denpasar City. The method of collectingdata is through distributing questionnaires to 100 respondents who are Shopee ecommerce consumers who have made purchase transactions in the past year andare domiciled in Denpasar City. In dividing the sample, the researcher usedproportional sampling with a total of 25 respondents per sub-district with the samenumber. The data analysis technique in this study used multiple linear analysistechniques which were processed using the IBM SPSS 25.0 for Windowsapplication.The results of the analysis show that 1) Social media marketing has noimpact on purchasing decisions on e-commerce Shopee 2) Ease of use has animpact on purchasing decisions on e-commerce Shopee 3) Information quality hasan impact on purchasing decisions on Shopee e-commerce

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.3982 FEB-MAN / 2022
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Keputusan Pembelian
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: adhi satriawan
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:54
Last Modified: 18 Oct 2024 03:54
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7280

Actions (login required)

View Item
View Item