ATE, ERBIATI GONO (2024) EFISIENSI PEMASARAN KOPI ARABIKA DI CV ABIAN GUNUNG CATUR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.380.FPB-AGB_BAB I-II.pdf - Other
Download (155kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.380.FPB-AGB.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (623kB)
Abstract
Kopi Arabika merupakan komoditas tropis utama yang diperdagangkan di seluruh dunia dengan kontribusi setengah dari total ekspor komoditas tropis Pada saluran pemasaran II penjualan pedagang pengepul dalam satu kali proses pengangkutan sebesar Rp,68/kg dan biaya tenaga kerja sebesar 200/kg. total biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh pedagang pengepul yaitu sebesar Rp.536, harga jual kopi dari petani kepedagang pengepul sebesar Rp. 25.000/kg dan harga jual konsumen sebesar Rp, 26.200/kg. margin pemasaran pada saluran pemasaran II sebesar Rp.1.200/kg yang didapat dari selisih harga yang diterima petani dengan harga dibayar pihak konsumen, Penelitian ini menunjukkan besarnya bagian yang diterima petani ( farmer share) yaitu sebesar 95%, dengan keuntungan yang dterima pedagang pengepul sebesar Rp, 536/kg. Pada saluran pemasaran III pedagang pengepul yang langsung membeli kopi arabika(ose) sebanyak 3 orang, sedangkan pedagang pengecer 5 orang. Jumlah pengangkutan yang dilakukan pedagang pengepul dalam satu kali proses pengangkutan kg. jumlah nilai rata-rata biaya transportasi yang dikeluarkan pedagang pengepul untuk mengangkut biji kopi arabika dari Desa Catur menuju kebeberapa pasar local dalam satu kali proses pengangkutan sebesar 125.000 atau 250/kg, rata-rata biaya tenaga kerja yang dikeluarkan sebesar 250/kg. harga jual dari petani pengepul sebesar Rp.25.000/kg. dan harga jual kopi arabika(ose)dari pedagang pengepul ke pedagang pengecer sebesar Rp.26.000/kg dengan total biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh pedagang pengepul sebesar Rp. 3.200/kg dengan ,keuntungan yang diterima pedagang pengepul sebesar Rp, 500/kg. margin pemasaran pada saluran III di tingkat pengepul yaitu sebesar Rp, 1000/kg dimana semakin besar margin pemasaran maka keuntungan yang diperoleh pedagang pengepul semakin tinggi. Farmer share (bagian yang diterima petani) pada saluran III yaitu 91%, hal ini yang menyebabkan petani tidak mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi karena pada pola saluran III terlibat lembaga pemasa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/380/FPB-AGB/2024 |
Uncontrolled Keywords: | pemasaran, kopi arabika |
Subjects: | F. PERTANIAN DAN BISNIS > Kopi Arabika |
Divisions: | Fakultas Pertanian dan Bisnis > Agribisnis |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 03:35 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 03:35 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7132 |