ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 7 DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024

KALEWA, EBEN HAIZER (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 7 DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.481.FKIP-MAT_BAB I-II.pdf - Other

Download (661kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.481.FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 7 Denpasar dalam Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Polya Pada Materi Bilangan Bulat. Hasil tes pada ketiga kelompok yaitu tinggi, sedang dan rendah pada masing-masing kelompok diambil 2 subjek nilai terendah sehingga terdapat 6 subjek penelitian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP N 7 Denpasar pada materi bilangan bulat. Metode penelitian ini metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Teknik tes tertulis menggunakan soal uraian pada materi operasi hitung bentuk aljabar dan wawancara. Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan hasil penelitian yaitu, kesalahan memahami masalah dengan persentase kesalahan sebesar 8,77%, kesalahan membuat rencana dengan persentase kesalahan sebesar 38,59%, kesalahan melaksanakan rencana dengan persentase kesalahan sebesar 14,03%, dan kesalahan memeriksa kembali dengan persentase kesalahan sebesar 38,59%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah pada tahap membuat rencana dan memeriksa kembali,sedangkan kesalahan yang paling sedikit dilakukan oleh siswa adalah pada tahap memahami masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/481/FKIP-MAT/2024
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah, prosedur polya
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Prosedur Polya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:26
Last Modified: 09 Sep 2024 03:26
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7028

Actions (login required)

View Item
View Item