PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM SOAL LITERASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 4 DENPASAR TAHUN 2023/2024

WIRYA, KOMANG AYU SIVA SANTHI (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DALAM SOAL LITERASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII DI SMP N 4 DENPASAR TAHUN 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.482.FKIP-MAT_BAB I-II.pdf - Other

Download (370kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.482.FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kolaboratif tipe Group Investigation dan Team Games Tournament dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dalam soal literasi matematis pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari 9 kelas dan dipilih 2 kelas untuk menjadi sampel pada kelompok kelas kontrol dan eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelompok kelas, yaitu kelompok kelas eksperimen adalah siswa kelas VII-4 yang menerapkan model pembelajaran kolaboratif tipe Group Investigation dan Team Games Tournament, sedangkan untuk kelompok kelas kontrol adalah siswa kelas VII-2 yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil analisis data, didapat bahwa nilai rata-rata untuk kelas yang diajar dengan model pembelajaran kolaboratif tipe Group Investigation dan Team Games Tournament ialah 79, sedangkan kelas yang diajar dengan model pembelajaran konvensional ialah 57,25. Dengan taraf siginifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada soal literasi matematis untuk materi bentuk aljabar dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe Group Investigation dan Team Games Tournament.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/482/FKIP-MAT/2024
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kolaboratif, Group Investigation, Team Games Tournament, Literasi Matematis
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Literasi Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:14
Last Modified: 09 Sep 2024 03:14
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item
View Item