ATE, CRISTINA KRISMIATI MILLA (2024) FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN YANG MEMENGARUHI KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA DI SEKOLAH ADIWIYATA : SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.218.FKIP-BIOLOGI_BAB I-II.pdf - Other
Download (204kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.218.FKIP-BIOLOGI.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Masalah lingkungan menjadi masalah yang sangat serius dan mendesak. Kondisi lingkungan yang semakin buruk dan kemampuan manusia dalam memperbaiki keadaan lingkungan yang kurang tepat membuat permasalahan lingkungan semakin rumit. Melihat hal tersebut, manusia harus semakin pintar dan bijak dalam mengelola maupun memperbaiki kualitas lingkungan agar mampu mengatasi permasalahan lingkungan. penelitian ini merupakan systimatic Literature review yang bertujuan untuk mengetahui Apa faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kepedulian lingkungan siswa di sekolah adiwiyata: sebuah tinjauan pustaka sistematis. Penelitian ini merupkan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan systimatic Literature review. Ini digunakan untuk melakukan kajian kritis, gagasan, temuan, serta pengetahuan untuk penarikan kesimpulan teoritik untuk digunakan sebagai acuan pada penelitian selanjutnya. Proses pencarian dilakukan melalui elektronik based yang terindeks seperti google chrome terdapat 20 artikel yang terkait dengan kata kunci peduli lingkungan hanya 10 artikel yang dipilih. Artikel yang tidak dipilih dalam penelitian ini karena dianggap kurang relevan dengan fokus penelitian ini. Sehingga hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Faktor lingkungan sekolah merupakan bagian penting dari pendidikan karakter dan upaya pelestarian lingkungan. Ini mencakup berbagai tindakan dan kebijakan yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan di kalangan siswa, guru, dan staf sekolah. Sekolah dapat menciptakan lingkungan yang tidak hanya mendidik siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai dan kebiasaan yang akan mereka bawa hingga dewasa. (2) Faktor lingkungan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan kepedulian lingkungan pada anak-anak. Nilai-nilai dan kebiasaan yang ditanamkan di rumah seringkali menjadi dasar dari perilaku anak-anak di kemudian hari. Dengan mengimplementasikan langkah-langkah tersebut,keluarga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan mempromosikan kepedulian lingkungan. (3) Faktor Lingkungan sosial dan budaya meliputi berbagai aspek yang mempengaruhi cara individu berpikir, bertindak, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Dengan memahami dan mengelola faktor-faktor sosial dan budaya ini, masyarakat dapat lebih efektif dalam menumbuhkan kepedulian lingkungan dan menerapkan praktik yang berkelanjutan. Integrasi aspek-aspek ini dalam kehidupan sehari-hari akan membantu membangun budaya yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/218/FKIP-BIO/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Peduli Lingkungan, Sekolah Adiwiya |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi) > Peduli Lingkungan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | bagus indra |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 05:23 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 05:23 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7015 |