PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR

MAGI, MARIA KONI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.223.FKIP-BIOLOGI_BAB I-II.pdf - Other

Download (225kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.223.FKIP-BIOLOGI.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi antarsiswa dan KKM belum tercapai seperti yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh siswa hanya mendengarkan dan kurang melakukan aktivitas pada saat pembelajaran berlangsung, siswa kurang terlibat secara aktif sehingga siswa tidak dapat mengemukakan pendapat yang dimilikinya, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang memotivasi siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan kurangnya kerjasama antarsiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalen control group design. Sampel diambil dari kelas IX E sebagai kelas Eksperimen dan kelas IX F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal pilihan ganda. Aktivitas belajar siswa dianalis secara deskriptif dengan menggunakan katagorisasi dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan Gain Score. Analisis inferensial menggunakan uji Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil analisis aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata hasil aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen (66,05) dan kelas kontrol (55,91). Sedangkan hasil analisis skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pretest dan posttest kelas kontrol memperoleh nilai ratarata (66,24) dan kelas eksperimen (63,38), mengalami peningkatan pada saat post test menjadi kelas kontrol memperoleh nilai rata (69,97) dan pada kelas eksperimen (85,57). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran TPS terhadap aktivitas belajar siswa dan juga meningkatkan hasil belajar siswa di SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/223/FKIP-BIO/2024
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Aktivitas belajar siswa, Hasil belajar siswa
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi) > Think Pair Share (TPS)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:42
Last Modified: 06 Sep 2024 04:42
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7012

Actions (login required)

View Item
View Item