PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP DWIJENDRA DENPASAR

PATI, WELHELMINCE UMBU (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP DWIJENDRA DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.224.FKIP-BIOLOGI_BAB I-II.pdf - Other

Download (343kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.224.FKIP-BIOLOGI.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan di sekolah merupakan suatu proses yang sangat penting untuk menciptakan suasana nyaman dalam menjalankan kegiatan pembelajaran bersama peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SMP Dwijendra Denpasar didapatkan bahwa pada bidang studi IPA menemukan bahwa interaksi antara guru dengan peserta didik belum maksimal, dan interaksi antara peserta didk juga tampak masih kurang. Salah satu alternatif untuk meningkatkan sikap belajar yang positif untuk mencapai hasil belajar yang optimal bagi peserta didik adalah dengan melakukan pembenahan model pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Dwijendra Denpasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperimental) merupakan eksperimen dengan hanya dilakukansecara sederhana, dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design atau nama lain dari desain yaitu Control Group Pretest and Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Dwijendra Denpasar dan dilaksanakan pada 16 April - 3 Mei Tahun pelajaran 2023/2024. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random cluster). Dimana didapatkan Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji independent sample test, dimana didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001** (0,001 < 0,01) yang berarti bahwa pembelajaran tipe kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh sangat nyata terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik, hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang mana didapatkan pembelajaran tipe kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. . Dimana apabila dilihat dari nilai mean atau rata-rata dari pembelajaran kelas kontrol bernilai 62,7705 dan lebih kecil dibanding nilai mean atau rata-rata nilai dari kelas eksperimen yaitu sebesar 69,9300. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bukti bahwa rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki peningkatan yang lebih baik dibanding pada kelas kontrol, sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/224/FKIP-BIO/2024
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi) > Kooperatif Tipe Jigsaw
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:25
Last Modified: 06 Sep 2024 04:25
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item
View Item