Rochelle, Tiffany (2024) Pembentukan dan Makna Penggunaan Wakamono Kotoba Dalam Saluran YouTube Nakamachi Aya. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.92.FBA-Jepang_BAB I-II.pdf - Other
Download (502kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.92.FBA-Jepang.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian skripsi ini mengkaji proses pembentukan dan makna penggunaan wakamono kotoba, yaitu bahasa yang digunakan oleh anak muda Jepang, dalam konten saluran YouTube Nakamachi Aya. Teori pembentukan kata wakamono kotoba oleh Akihiko Yonekawa digunakan untuk menganalisis jenis-jenis pembentukannya, dan teori Sosiolinguistik oleh Abdul Chaer digunakan untuk menganalisis makna penggunaannya. Data diperoleh dari enam video di saluran YouTube Nakamachi Aya yang dipublikasikan dari Juli 2023 sampai April 2024. Metode yang digunakan adalah observasi, dengan teknik lanjutan simak dan catat. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik yang melibatkan tiga langkah yaitu reduksi data, penerjemahan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam 19 data terdapat 12 jenis pembentukan wakamono kotoba, dengan jenis pembentukan geryaku yang dominan sebanyak empat data. Jenis ini dominan karena melibatkan pemendekan di bagian akhir kata sehingga memungkinan pesan tersampaikan dengan cepat dan ringkas. Penggunaan wakamono kotoba memiliki makna sebagai penanda identitas sosial, alat kontrol sosial, medium ekspresi budaya, alat ekspresi emosi dan kreativitas, dan hasil adaptasi dan evolusi budaya. Makna yang paling dominan adalah sebagai penanda identitas sosial karena penggunaannya menunjukkan identitas Nakamachi Aya dan teman-temannya sebagai anak muda yang mengikuti tren bahasa terbaru.
この卒業論文の研究は、日本の若者が使用する言葉である若者言葉の形成過程と 使用意味を、中町綾の YouTube チャンネルのコンテンツにおいて検討するもので ある。若者言葉の形成理論には米川明彦の理論を用い、その種類を分析し、使用 意味の分析にはアブドゥル・チャエルの社会言語学理論を使用する。データは、 2023 年 7 月から 2024 年 4 月までに公開された中町綾の YouTube チャンネルの 6 本 の動画から収集された。観察法が用いられ、視聴と記録の技法が進められた。デ ータは、質的記述法を用い、データの削減、翻訳、結論と検証の三つのステップ を通じて分析された。データ分析の結果は非公式な方法で提示された。研究結果 は、19 のデータ中に 12 種類の若者言葉の形成があり、その中で最も支配的な形成 方法はゲリャクであり、4 つのデータが該当する。この方法が支配的である理由は、 単語の最後を短縮することで、メッセージを迅速かつ簡潔に伝えることができる ためである。若者言葉の使用は、社会的アイデンティティの標識、社会的コント ロールの手段、文化表現の媒体、感情と創造性の表現手段、文化の適応と進化の 結果としての意味を持つ。最も支配的な意味は社会的アイデンティティの標識で あり、これは最新の言語トレンドを追う若者として中町綾とその友人たちのアイ デンティティを示しているためである。
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/92/FBA-JEPANG/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan, Makna Penggunaan, Wakamono Kotoba, YouTube |
Subjects: | F. BAHASA ASING > Youtube channel, Video youtube |
Divisions: | Fakultas Bahasa Asing > Sastra Jepang |
Depositing User: | bagus indra |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:06 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:06 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6928 |