KREASI PHOTOVOICE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS & HASIL PHOTOVOICE BERBASIS JAS SISWA SMPN 12 DENPASAR

PERMADI, I WAYAN AGUS (2015) KREASI PHOTOVOICE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS & HASIL PHOTOVOICE BERBASIS JAS SISWA SMPN 12 DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.63.FKIP-BIO-19-39.pdf - Other

Download (111kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.63.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran IPA terutama Biologi di SMP adalah meningkatkan kesadaran akan pelestarian lingkungan. Pembelajaran IPA agar lebih menarik harus menggunakan media pembelajaran yang inovatif sehingga siswa lebih kreatif untuk mengumpulkan data sehingga dapat meningkatkan KPS, dan akan dapat menghasilkan media pembelajaran yang lebih inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreasi photovoice dengan model pembelajaran guided inquiry terhadap KPS dan hasil photovoice berbasis JAS. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data KPS dan hasil photovoice dengan menggunakan rubrik. Data KPS dan hasil photovoice dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kreasi photovoice dengan model pembelajaran guided inquiry berpengaruh nyata terhadap KPS berbasis JAS dengan hasil uji Mann Whitney Test (p=0,001) yang menyatakan ada perbedaan nyata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta terhadap hasil photovoice berbasis JAS dengan hasil uji Mann Whitney Test (p=0,001). Penggunaan kreasi photovoice membuat KPS siswa meningkat dan hasil photovoice kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga penggunaan kreasi photovoice dengan model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap KPS dan hasil photovoice berbasis JAS siswa SMPN 12 Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/63/FKIP-BIO/2015
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Kreasi Photovoice, JAS
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi)
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:08
Last Modified: 28 Aug 2024 03:08
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6912

Actions (login required)

View Item
View Item