PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP MINATBELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP PGRI 4 DENPASAR TAHUN AJARAN 2013/2014

SUARDIANTINI, NI PUTU NITA (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP MINATBELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP PGRI 4 DENPASAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.59.FKIP-BIO-17-39.pdf - Other

Download (141kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.59.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (894kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Banyak fenomena yang terjadi dilapangan selama ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih banyak terjadi permasalahan didalamnya. Di antaranya yaitu sebagian siswa cenderung kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, salah satu usaha untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan mengembangkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) divariasikan dengan media mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) divariasikan dengan media mind mapping terhadap minat belajar biologi siswa kelas VII SMP PGRI 4 Denpasar. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 08 sampai dengan 30 April 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre- Eksperimental Design, rancangan penelitian yang digunakan adalah One-group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 4 Denpasar Tahun Ajaran 2013/2014, pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 31 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah minat belajar biologi siswa dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan Wilcoxon Macth Pairs Test dengan hasil rata-rata skor yang diperoleh pada saat Pretest = 114,97, sedangkan untuk Posttest = 123,36. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Macth Pairs Test (Z) yang di dapat yaitu sebesar -4,868 dengan (Sig. 0,000<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) divariasikan dengan media mind mapping terhadap minat belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/59/FKIP-BIO/2014
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Mind Mapping, Minat Belajar
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:47
Last Modified: 28 Aug 2024 02:47
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6910

Actions (login required)

View Item
View Item