UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELOMPOK ILMIAH REMAJA SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR MELALUI PENYUSUNAN PETA KONSEP

DEWI, NI KOMANG AYU RUSTARI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELOMPOK ILMIAH REMAJA SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR MELALUI PENYUSUNAN PETA KONSEP. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.58.FKIP-BIO-16-29.pdf - Other

Download (107kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.58.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, Kelompok Ilmiah Remaj (KIR) di SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar merupakan sekolah yang menerapkan KIR tidak lagi sebagai ekstrakurikuler tapi sudah menjadi intrakurikuler. Untuk memperoleh hasil karya ilmiah yang inovatif, perlu meningkatkan kemampuan membaca siswa salah satunya kemampuan membaca kritis melalui penyusunan peta konsep. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis siswa melalui penyusunan peta konsep secara berkelompok dan untuk membandingkan kinerja kelompok dalam penyusunan peta konsep di kelas X IPA 2 SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Siswa diberikan kuisioner membaca kritis tahap pretest dan selanjutnya Siswa dibagi menjadi enam kelompok, setiap kelompok mengerjakan peta konsep pada Bab I, III, dan IV selanjutnya, observer memberikan penilaian dengan mengacu pada rubrik penilaian, dan siswa kembali diberikan kuisioner membaca kritis tahap posttest. Dari analisis data, diperoleh hasil pretest posttest membaca kritis dengan taraf signifikansi (p=0,001) yang berarti pembelajaran yang diberikan berpengaruh terhadap kemampuan membaca kritis melalui penyusunan peta konsep. Peningkatan juga terjadi pada kinerja kelompok dimana taraf signifikansi Bab I dengan Bab III (p=0,026) sedangkan pada Bab III dengan Bab IV (p=0,027). Kesimpulannya, upaya meningkatkan kemampuan membaca kritis melalui penyusunan peta konsep berpengaruh positif bagi Kelompok Ilmiah Remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/58/FKIP-BIO/2014
Uncontrolled Keywords: Membaca Kritis, Peta Konsep, KIR, Subak
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:41
Last Modified: 28 Aug 2024 02:41
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6909

Actions (login required)

View Item
View Item