STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR KELOMPOK KARYA ILMIAH REMAJA SISWA SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR MELALUI PENERAPAN VIDEO PARTISIPATIF BERBASIS LANSKAP BUDAYA SUBAK

HANDAYANI, NI KADEK DWI (2014) STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR KELOMPOK KARYA ILMIAH REMAJA SISWA SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR MELALUI PENERAPAN VIDEO PARTISIPATIF BERBASIS LANSKAP BUDAYA SUBAK. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.55.FKIP-BIO-17-33.pdf - Other

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.55.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan wahana penyampaian informasi atau pesan pembelajaran pada siswa. Dengan adanya media pada proses belajar mengajar, diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Guru hendaknya menghadirkan media dalam setiap proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran berbasis teknologi dapat berupa penerapan video partisipatif berbasis lanskap budaya subak. Penelitian ini merupakan pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan Video Partisipatif (VP) berbasis lanskap budaya subak terhadap motivasi belajar dan minat belajar siswa serta hubungan antara keduanya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 yang diperoleh dari teknik Purposive Sampling. Siswa yang dibagi kedalam 6 kelompok ditugaskan untuk membuat VP berbasis lanskap budaya subak sesuai dengan subtema. Motivasi belajar dan minat belajar siswa diukur dengan angket motivasi dan angket minat belajar siswa. Berdasarkan data motivasi belajar yang diuji dengan Willcoxon Match Pairs, diperoleh hasil bahwa (Z6 = -5, 374, p= 0,000) yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan nyata antara sebelum dan sesudah pembelajaran. Sedangkan, untuk minat belajar siswa diperoleh hasil (Z6 = -5,374, p= 0,000) yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara sebelum dan sesudah pembelajaran VP berbasis lanskap budaya subak. Hasil yang diperoleh dari uji Spearman Rank-Correlation (p=0,000) dengan skor korelasi 0,541 yang menyatakan terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/55/FKIP-BIO/2014
Uncontrolled Keywords: Video Partisipatif, Motivasi Belajar, Minat Belajar
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:37
Last Modified: 28 Aug 2024 02:37
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6908

Actions (login required)

View Item
View Item