PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E BERBASIS LANSKAP BUDAYA SUBAK TERHADAP PERILAKU BERKELOMPOK DAN HASIL MEDIA PRESENTASI POWER POINT SISWA KELAS X SMAN 1 PENEBEL

LISTYORINI, PITA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E BERBASIS LANSKAP BUDAYA SUBAK TERHADAP PERILAKU BERKELOMPOK DAN HASIL MEDIA PRESENTASI POWER POINT SISWA KELAS X SMAN 1 PENEBEL. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.51.FKIP-BIO-18-33.pdf - Other

Download (108kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.51.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa di SMAN 1 Penebel merupakan salah satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Untuk mencapai tujuan pendidikan, model pembelajaran konvensional tidak efektif untuk diterapkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapakan pembelajaran Siklus Belajar atau LC 5E berbasis lanskap budaya subak yang menekankan pada aspek perilaku berkelompok untuk mengetahui pengaruh pembelajaran LC 5E berbasis lanskap budaya subak terhadap perilaku berkelompok dan hasil presentasi power point siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai untuk mengetahui pengaruh pembelajaran LC 5E dengan media power point berbasis lanskap budaya subak terhadap perilaku berkelompok dan hasil power point siswa kelas X SMAN 1 Penebel. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Penebel dan Subak Penatahan, Kabupaten Tabanan. Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap, tahun ajaran 2013/2014, mulai bulan Januari sampai Maret 2014. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Design ini hampir sama dengan pretest-postest control group design. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian adalah model pembelajaran LC 5E dengan media presentasi Power point berbasis Lanskap Budaya Subak. Proses pembelajaran dilaksanakan secara berkelompok, masing-masing kelas berjumlah 21 orang dibentuk menjadi 4 kelompok. Data perilakuberkelompok dan hasil presentasi power pointdianalisissecara Mann-Whitney U Test, digunakan untuk menguji signifikansi hipotesis komparatif dua sampel apabila datanya berbentuk nominal atau ordinal (Sugiyono, 2011).Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan, yaitu Pembelajaran LC 5E berbasis lanskap budaya subak berpengaruh nyata (p=0,021<0,05) terhadap perilaku berkelompok dan media presentasi Power point siswa di SMAN 1 Penebel, Perilaku berkelompok siswa dalam pembelajaran LC 5E berbasis lanskap budaya subak berpengaruh nyata (p=0,019<0,05) terhadap hasil presentasi power point siswa di SMAN 1 Penebel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengaruh model pembelajaran LC 5E berbasis lanskap budaya subak berpengaruh terhadap perilaku berkelompokdan hasil presentasi Power point siswa di SMAN 1 Penebel.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/51/FKIP-BIO/2014
Uncontrolled Keywords: Power point, Learning Cycle 5E, Lanskap budaya subak
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:28
Last Modified: 27 Aug 2024 03:28
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item
View Item