SUTRIASIH, NI KOMANG (2014) PENERAPAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E DENGAN PHOTOVOICE BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PENEBEL. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.50.FKIP-BIO-18-43.pdf - Other
Download (320kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.50.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Pembelajaran biologi diharapkan melibatkan siswa secara langsung melalui pengalaman belajar yang memuat keterampilan proses untuk menemukan konsep secara mandiri. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. Learning Cycle 5E diintegrasikan dengan aspek teknologi yaitu kamera digital dan lanskap budaya subak yang dijadikan suatu media inovatif berupa photovoice. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan penerapan learning Cycle 5E, dan menganalisis perbedaan hasil photovoice siswa antara kelas yang menerapkan model Learning Cycle 5E dengan kelas yang tidak menerapkan Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan penelitian semu dengan rancangan Intact Group Comparison yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Penebel dari bulan Januari sampai Maret 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains dan rubrik penilaian hasil photovoice. Kegiatan pembelajaran siswa dilakukan di dalam kelas dan luar kelas (Subak Penatahan). Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa dengan signifikansi (Z=-5,258; p=0.000) dan terdapat perbedaan hasil photovoice siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan Learning Cycle 5E dengan kelas yang tidak menerapkan Learning Cycle 5E (Z=-2,233; p=0,026). Jumlah skor penilaian hasil photovoice siswa yang menerapkan Learning Cycle 5E (70,0) lebih besar daripada siswa yang tidak menerapkan model Learning Cycle 5E (53,0). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Learning Cycle 5E dengan photovoice berbasis etnosains berpengaruh nyata terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Penebel dan ada perbedaan hasil photovoice siswa antara kelas yang menerapkan Learning Cycle 5E dengan kelas yang tidak menerapkan Learning Cycle 5E.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/50/FKIP-BIO/2014 |
Uncontrolled Keywords: | Learning Cycle 5E, photovoice, keterampilan proses sains |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:14 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:14 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6903 |