IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP N 3 SUSUT PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM TAHUN AJARAN 2012/2013

PURWANTA, I MADE AGUS (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP N 3 SUSUT PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.48.FKIP-BIO-10-28.pdf - Other

Download (135kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.48.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang lebih dominan berpusat pada guru kurang memberikan pengalaman kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan siswa, akibatnya hasil belajar siswa tidak mengalami peningkatan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe TTW. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini di laksanakan di SMP N 3 Susut Kabupaten Bangli, pada kelas VII B. Subjek penelitian adalah 32 orang siswa kelas VII B SMP N 3 Susut Tahun Ajaran 2012/2013. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dengan persentase kenaikan nilai rata-rata (M) sebesar 8,29% dan daya serap siswa (DS) 8,29% serta ketuntasan belajar (KB) sebesar 50%. Dari siklus I ke siklus II dengan persentase kenaikan nilai rata-rata (M) dan daya serap siswa (DS) 14,17% serta ketuntasan belajar (KB) sebesar 66,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi penulis menyarankan kepada guru Biologi di SMP N 3 Susut agar menerapkan strategi pembelajaran kooperatif khusunya model pembelajaran kooperatif TTW terutama pada materi yang berbeda selain ekosistem.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/48/FKIP-BIO/2013
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, TTW, Hasil belajar
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:08
Last Modified: 27 Aug 2024 03:08
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item
View Item