PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA PHOTOVOICE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUSUT BANGLI TAHUN AJARAN 2012/2013

UTAMA, I WAYAN OKA BELA (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA PHOTOVOICE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUSUT BANGLI TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.17.FKIP-BIO-13-26.pdf - Other

Download (133kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R.17.FKIP-BIO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, motivasi siswa merupakan hal yang sangat penting. Siswa yang memiliki motivasi positif akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dan sebaliknnya siswa yang memiliki motivasi negatif akan memperoleh hasil belajar yang yang kurang memuaskan. Hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 3 Susut Bangli pada kelas VII motivasi belajar siswa masih kurang, hal ini disebabkan oleh model pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu solusi yang tepat salah satunya yaitu model pembelajaran koperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan media photovoice. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental desain. Penelitian ini menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Desain. Dalam penelitian ini akan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas exsperimen, kedua kelas ini akan diberikan pretest sebagai kegiatan awal dan posttest sebagai kegiatan akhir. Tetapi hanya pada kelas ekperimen yang akan menerapkan pembelajaran koperatif Tipe Think Talk Write dengan media photovoice, yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2013. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Terjadi peningkatan setiap aspek pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen aspek yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah aspek perhatian yaitu (72,8±90,0%) menjadi (83,0±9,7%), aspek kepuasan (74,8±9,0%) menjadi (82,7±7,3%), relevansi (72,8±6,9%) menjadi (78,2±4,7%), dan percaya diri (74,1±6,5%) menjadi (79,1±7,9%). Sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan paling tinggi pada aspek percaya diri (69,2±7,8%) menjadi (73,4±4,9%) aspek kepuasan mengalami peningkatan yang sama dari (69,0±8,9%) menjadi (70,1±3,5%). Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan media photovoice berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi materi ekosistem pada siswa kelas VII smp negeri 3 susut banggli tahun ajaran 2012/2013 .

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/17/FKIP-BIO/2013
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Photovoice
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:46
Last Modified: 27 Aug 2024 02:46
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item
View Item