DEWI, IDA AYU LISTYA (2015) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA PADA TOKO ELYSIA COMPUTER DENPASAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
476.FEB-MAN-16-50.pdf - Other
Download (185kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
476.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (852kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan konsumen dalam berbelana pada Toko Elysia Computer Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah customer pada Toko Elysia Computer Denpasar. Sampel yang diambil sebanyak 29 responden dengan menggunakan kuesioner yang di sebarkan di Toko Elysia Computer Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi Y =-1,411 + 0,049 (X1) + 0,210 (X2) + 0,967 (X3) +-0,134 (X4), indikator-indikator dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Dari hasil koefisien korelasi berganda secara simultan (R) sebesar 0,979 terletak diantara 0,81 sampai dengan 1,0 yang berarti korelasi sangat positif dan sangat tinggi. Ini berarti bahwa bila kualitas produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2) meningkat, maka kepuasan nasabah (Y) juga meningkat dan sebaliknya. Dari koefisien determinasi (R Square) sebesar 95,9% menunjukan bahwa pengaruh bauran pemasaran yaitu produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Toko Elysia Computer Denpasar, sisanya sebesar 4,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti pada kesempatan ini.
Dari hasil uji F nilai F-hitung =140,504 dibandingkan dengan nilai F-tabel = 2,64, ternyata nilai F-hitung > nilai F-tabel, dan F-hitung berada pada daerah penolakan Ho. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai parameter F hitung sebesar 140,504, hal ini berarti bahwa produk (X1), harga (X2), promosi (X3), dan distribusi (X4) terjadi karena bukan kebetulan. Sedangkan untuk hasil uji T nilai t-hitung yang terdiri dari variabel harga (X2) harga = 3,229 dan promosi (X3) = 20,109 dibandingkan dengan nilai t-tabel = 1,710 ternyata nilai t-hitung > nilai t-tabel dan t-hitung berada pada daerah penolakan Ho. Dengan demikian Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat dikatakan ada pengaruh nyata antara variabel harga (X2) dan promosi (X3) terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan nilai t hitung yang terdiri dari variabel produk (X1) = 1,293 dan distribusi (X4) =-2,035 dibandingkan dengan nilai t-tabel = 1,710 ternyata nilai t-hitung < nilai t-tabel dan t-hitung berada pada daerah penerimaan Ho. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Ini berarti bahwa secara parsial pada taraf kepercayaan (α) = 5% variabel produk (X1) dan distribusi (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/476/FEB-MAN/2015 |
Uncontrolled Keywords: | Bauran pemasaran, produk, harga, promosi, distribusi, kepuasan konsumen, Toko Elysia Computer Denpasar |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Kepuasan Konsumen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 04:02 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 04:02 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6818 |