Candradesi, Made Ari (2024) Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Swamedikasi di ApotekKu By Pass Tabanan. Diploma thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.768.FF-D3_BAB I-II.pdf - Other
Download (403kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.768.FF-D3.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Swamedikasi merupakan pengobatan yang dilakukan secara mandiri oleh seseorang untuk mengobati penyakit ringan dengan menggunakan obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter seperti obat bebas, bebas terbatas dan obat traditional. Swamedikasi menjadi alternatif pengobatan yang dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kemudahan dan penghematan biaya dalam pengobatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dalam pelayanan swamedikasi di ApotekKu By Pass Tabanan. Penelitian deskriptif ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden selama bulan februari hingga maret 2024 menggunakan teknik convenience sampling yang dilakukan dengan pengambilan sampel secara kebetulan. Sampel penelitian diambil dengan informed consent kepada responden. Tingkat kepuasan pasien di ukur menggunakan model SERVQUAL yang dibagi menjadi lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsivesness, assurance dan empathy, digunakan untuk mengukur kesenjangan antara harapan dengan kenyataan yang dirasakan responden terhadap kualitas pelayanan swamedikasi di ApotekKu By Pass Tabanan. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat kepuasan pasien di ApotekKu By Pass Tabanan memiliki nilai rata-rata keseluruhan dimensi adalah (-0,18) dengan kualifikasi sedang. Hal ini menunjukan hasil penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan swamedikasi masuk dalam kategori sedang, sehingga diperlukannya upaya peningkatan dan mengoptimalkan kepuasan pasien dalam pelayanan swamedikasi di ApotekKu By Pass Tabanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | R/768/FF-D3/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Apotek, Kepuasan pasien, SERVQUAL, Swamedikasi |
Subjects: | F. FARMASI > Apotek |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Diploma Tiga Farmasi |
Depositing User: | bagus indra |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:38 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:38 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6726 |