Gambaran Waktu Tunggu dan Informasi Obat yang Diterima oleh Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Karangasem

Dirtawati, Putu Vina Rahayu (2024) Gambaran Waktu Tunggu dan Informasi Obat yang Diterima oleh Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Karangasem. Diploma thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.733.FF-D3_BAB I-II.pdf - Other

Download (291kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.733.FF-D3.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan farmasi rumah sakit merupakan bagian integral dari sistem pelayanan rumah sakit yang berorientasi pada pelayanan pasien dan penyediaan obat bermutu yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Standar yang digunakan adalah Standar Pelayanan Minimal (SPM) rumah sakit dan Petunjuk Teknis Pelayanan Kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kisaran waktu tunggu pelayanan resep pada pasien rawat jalan dan informasi obat yang diterima oleh pasien rawat jalan di RSUD Karangasem. Penelitian dilakukan dengan observasi langsung dan pengisian formulir checklist terhadap 96 sampel yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung rata-rata waktu tunggu pelayanan resep dan persentase informasi obat yang diberikan, kemudian dideskripsikan sesuai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kisaran waktu tunggu pelayanan resep pada pasien rawat jalan di RSUD Karangasem adalah pada pelayanan resep racikan dengan waktu rata-rata 53,82 ± 10,07 menit dan pada pelayanan resep non racikan dengan waktu rata-rata 31,13 ± 3,06 menit. Informasi obat yang diterima pasien pada saat penyerahan obat meliputi dosis obat, cara penggunaan, penyimpanan, dan stabilitas 100%, informasi komposisi obat 29,16%, informasi indikasi obat 28,12%, informasi nama obat 26,04%, informasi efek samping obat 17,70%, informasi bentuk obat 7,29%, informasi tentang cara kerja obat, interaksi obat, dan kontraindikasi 0% dari keseluruhan resep. RSUD Karangasem perlu melakukan usahausaha untuk mempertahankan kepuasan pasien dengan kondisi pelayanan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: R/733/FF-D3/2024
Uncontrolled Keywords: Informasi obat, pelayanan farmasi rumah sakit, waktu tunggu pelayanan resep
Subjects: F. FARMASI > Informasi Obat
Divisions: Fakultas Farmasi > Diploma Tiga Farmasi
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:39
Last Modified: 11 Jul 2024 04:39
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6682

Actions (login required)

View Item
View Item