BILI, ELVIANA GOLE (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.211.FKIP-Biologi_BAB I-II.pdf - Other
Download (359kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.211.FKIP-Biologi.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan terus diupayakan dengan meningkatkan kualitas pengajar atau kemampuan yang di miliki oleh seorang guru dalam mengelola pembelajaran melalui penggunaan model-model pembelajaran. Hasil observasi di SMP Dwijendra Denpasar untuk bidang studi IPA menemukan bahwa interaksi antara guru dengan peserta didik belum maksimal, dan interaksi antar peserta didik juga tampak masih kurang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran khususnya bidang studi IPA di SMP Dwijendra Denpasar adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dwijendra Denpasar. Dari bulan Oktober sampai bulan November 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain prettest-posttest control group desain. Kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII G sebagai kelas eksperimen, Instrument tes bentuk soal pilihan ganda. Hasil belajar penelitian ini yang diperoleh dengan pemberian pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah peserta didik diberikan perlakuan, baik kelas eksperimen yang mengunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) maupun kelas kontrol dengan metode konvensional. Kemudian dilakukan uji prasyarat analisis data dimana hasil yang diperoleh berdistrtibusi normal dan homogen. Dilanjutkan dengan Uji t dan diperoleh nilai signifikan (0,000<0,05) dimana terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol baik sebelum dan sesudah perlakuan. dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh sangat nyata terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Dwijendra Denpasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/211/FKIP-BIO/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 03:14 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 03:14 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6510 |