NONO, ANASTASIA WINDI LALI (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP ARGUMENTASI ILMIAH (SCIENTIFIC ARGUMENTATION) SISWA DI SMP DWIJENDRA. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.210.FKIP-Biologi_BAB I-II.pdf - Other
Download (381kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.210.FKIP-Biologi.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap bangsa. Pendidikan yang baik mampu mendorong untuk mencetak generasi unggul sesuai dengan kebutuhan zaman. Hasil observasi di SMP Dwijendra Denpasar untuk bidang studi IPA menemukan bahwa interaksi antara guru dengan peserta didik belum maksimal, dan interaksi antar peserta didik juga tampak masih kurang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran khususnya bidang studi IPA di SMP Dwijendra Denpasar adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran problem posing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran problem posing terhadap argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dwijendra Denpasar, dari bulan Oktober sampai bulan November 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah non-equivalent pretest-postest control group design, kelas VII F sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen tes yang digunakan adalah soal essay. Data penelitian ini diperoleh dengan pemberian pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah peserta didik diberikan perlakuan, baik kelas eksperimen yang mengunakan strategi pembelajaran problem posing maupun kelas kontrol dengan metode konvensional, dilanjutkan dengan uji t dengan perolehan nilai (0,000<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran problem posing berpengaruh sangat nyata tehadap argumentasi ilmiah peserta didik di SMP Dwijendra Denpasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/210/FKIP-BIO/2024 |
Uncontrolled Keywords: | problem posing, argumen ilmiah |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Biologi) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 03:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 03:10 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6508 |