Utama, I Komang Asmara (2024) Penerapan Metode Time Token Berbasis ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VII E SMP N 14 Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.483.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other
Download (209kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.483.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan 1) mengetahui apakah metode metode time token berbasis ICT dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas VII E SMP N 14 Denpasar; 2) mengetahui langkah-langkah metode time token berbasis ICT dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas VII E SMP N 14 Denpasar. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan tes. Data yang didapatkan lalu dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara melalui metode time token berbasis ICT pada siswa kelas VII E SMP N 14 Denpasar. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dilihat dari nilai tes awal sebesar 67.47 pada siklus I yaitu 81.04 dan nilai tes siklus II naik menjadi 90,38. Langkah-langkah metode time token ialah a) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dasar, b) Guru mengkondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi, c) Guru memberikan tugas berupa membuat vlog mengenai lingkungan sekitar, d) Guru memberi sejumlah kupon berbicara dengan waktu yang telah ditentukan. Kupon digunakan sebagai acuan waktu berbicara pada vlog, e) Guru meminta menyerahkan kupon dahulu sebelum menayangkan vlog yang telah dibuat. Satu kupon untuk satu kesempatan berbicara. Siswa dapat memberikan komentar secara bergiliran dengan siswa lainnya. Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh berkomentar lagi. Siswa yang masih memegang kupon harus bicara sampai habis. Begitu hingga semua anak berbicara, f) Guru memberikan nilai berdasarkan waktu pada setiap siswa dalam berbicara. Penerapan setrategi model pembelajaran time token yang berbasis dengan ICT membuat siswa merasa senang, karena memberikan gairah yang menarik untuk siswa mengerjakannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berbicara, time token, hasil belajar |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Hasil Belajar F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Keterampilan Berbicara |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | bagus indra |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:46 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:46 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6470 |