Implementasi Collaborative Strategic Reading (CSR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIIC SMP PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023

Rosari, Maria Sri (2024) Implementasi Collaborative Strategic Reading (CSR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIIC SMP PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.482.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other

Download (163kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.482.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berutujuan 1. Untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIC SMP PGRI 2 Denpasar; (2) mengetahui langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Colllaborative Strategic Reading (CSR) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIC SMP PGRI 2 Denpasar tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode CSR dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIC SMP PGRI 2 Denpasar. Hasil prasiklus menunjukan bahwa 40 peserta didik memiliki nilai rata-rata skor standar sebesar 4,42 masih pada kriteria kurang, nilai tersebut masih tergolong rendah dan perlu adanya peningkatan ke siklus selanjutnya dengan memperbaiki pengajaran. Pada siklus I sudah mengalami peningkatan denga nilai rata-rata 5,92 dengan kategori cukup Pada siklus II hasil tes peningkatan kemampuan membaca pemahaman mencapai nilai rata-rata 6,9 dengan kategori lebih dari cukup. Pada siklus III hasil tes peningkatan kemampuan membaca pemahaman mencapai nilai rata-rata 8,15 dengan kategori baik, nilai rata-rata ini sudah memenuhi nilai KKM yaitu 7,5. Adapun Langkah-langkah penerapan metode CSR: guru membagi siswa dalam bentuk kelompok, previewing (curah pendapat), click and clunk, getting the gist, wrap-Up dan guru menugaskan siswa membuat ringkasan berdasarkan teks yang telah dibaca dan dipahami.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, Collaborative Strategic Reading (CSR)
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Collaborative Strategic Reading (CSR)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:35
Last Modified: 14 Jun 2024 01:35
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item
View Item