Penerapan Metode Diary Writing Berbasis ICT Dengan Memanfaatkan Instagram Story Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Penulisan Karya Sastra Cerpen Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Kuta Utara

Pinatih, Ni Luh Eka Purnami (2024) Penerapan Metode Diary Writing Berbasis ICT Dengan Memanfaatkan Instagram Story Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Penulisan Karya Sastra Cerpen Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Kuta Utara. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.481.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other

Download (314kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.481.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar dari siswa VIII C SMP Negeri 4 Kuta Utara pada keterampilan berpikir kritis penulisan cerpen setelah diterapkannya metode diary writing berbasis ICT Instagram Story; (2) Mendeskripsikan langkah – langkah metode diary writing berbasis ICT Instagram Story efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis penulisan cerpen siswa VIII C; (3) Menganalisis hasil respons siswa VIII C terhadap metode diary writing berbasis ICT Instagram Story pada keterampilan menulis cerpen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalasis secara deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dan respons siswa secara kualitatif kuantitatif sedangkan langkah pembelajaran secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran diary writing berbasis ICT Instagram Story mampu meningkatkan keterampilan berfikir kritis penulisan cerpen pada siswa kelas VIII C yang telah diuji dengan kesesuaian indikator keberhasilan penelitian ini. Meningkatnya keterampilan tersebut dapat dilihat dari antusias siswa ketika pembelajaran dikolaborasikan dengan ICT berupa media sosial Instagram, siswa mulai aktif dengan langkah pembelajaran yakni (1) tahap penyampaian topik, (2) discovery, (3) imaginative, (4) analyze, (5) reality, (6) yourself, (7) tahap konslutasi, (8) penugasan menulis, (9) tahap menguji dan (10) tahap evaluasi yang telah dilakukan dalam metode diary writing ini, peningkatan ini pula dapat dilihat dari hasil keterampilan menulis cerpen dengan kreatifitas yang didapat dari Instagram melalui imajinasi yang dikaitkan dengan kehidupan sehari - hari siswa. Dibuktikan dari peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus dengan nilai 65, ketuntasan klaksikal hanya memiliki nilai 9,3%, tindakan siklus I siswa berhasil memperoleh nilai sebesar 73 dengan ketuntasan klaksikal yakni 37,5%, pada siklus II dengan rata – rata nilai kelas yakni 90,5 dengan ketuntasan klaksikal 100%. Dengan hasil respons siswa yakni 96,8% kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, cerita pendek, hasil belajar dan respons, diary writing, Instagram Story
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia > Keterampilan Menulis
F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Cerita Pendek
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:23
Last Modified: 14 Jun 2024 01:23
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item
View Item