Yuniari, Ni Ketut (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) Untuk Meninkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VII B SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.480.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other
Download (196kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.480.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan 1) Mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui metode pembelajaran SQ3R pada siswa kelas VII B SMP Widya Sakti Denpasar; 2) Mengetahui langkah-langkah metode pembelajaran SQ3R dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VII B SMP Widya Sakti Denpasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui metode pembelajaran SQ3R pada siswa kelas VII B SMP Widya Sakti Denpasar. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa dapat ditinjau dari nilai tes sebagai berikut: (1) Pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata tes awal 40,15 menjadi 49,62 pada siklus I. (2) Pelaksanaan siklus I telah mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 49,62 menjadi 61,82 pada siklus II (3) Pelaksanaan siklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 61,82 pada siklus II menjadi 80 pada siklus III. Langkah-langkah metode pembelajaran SQ3R ialah 1) Tahap survey yaitu peserta didik diminta untuk mengamati teks cerita fantasi dengan membaca bagianbagian teks, 2) Tahap question yaitu peserta didik diminta untuk memahami pertanyaan yang telah diberikan oleh guru, 3) Tahap read yaitu peserta didik diberikan waktu yang lebih lama untuk membaca keseluruhan isi bacaan dan menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan, 4) Tahap recite yaitu setelah membaca keseluruhan cerita, peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan tanpa membuka buku jawaban, 5) Tahap review yaitu peserta didik diminta untuk meninjau secara singkat semua pertanyaan dan jawaban. Berdasarkan deskripsi hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII B SMP Widya Sakti Denpasar tahun pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman, SQ3R, Hasil Belajar |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | bagus indra |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:13 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6466 |