Ari, Luh Putu Gita Sahalia (2024) Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VIII C SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.478.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other
Download (544kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.478.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1) mengetahui bahwa dengan metode CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas VIII C SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam penerapan metode CIRC untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek. Pengumpulan data yang digunakan dengan metode observasi dan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian yang menunjukkan terjadi peningkatan yaitu dari nilai tes sebagai berikut: (1) Pada siklus I nilai rata-rata tes awal (pretest) meningkat dari 3,69 menjadi 5,69. (2) Siklus II peningkatan nilai ratarata dari 5,69 menjadi 8,19. langkah-langkah penerapan metode CIRC sebagai berikut: 1) guru memberi pertanyaan kepada siswa apa yang mereka ketahui tentang cerita pendek, 2) guru meminta siswa untuk berkelompok dengan cara berhitung. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa. 3) guru menjelaskan pengertian cerita pendek, tujuan menulis cerita pendek, langkah-langkah menulis cerita pendek dan contoh cerita pendek, 4) guru membagikan teks cerita pendek kepada setiap kelompok dan meminta untuk membaca teks cerita pendek bersama teman-temannya, 5) guru mengajak siswa untuk menganalisis penggunaan ejaan sesuai EYD, diksi yang digunakan, keselarasan dan kesesuaian isi cerita dengan tema yang disajikan dalam teks cerita pendek yang sudah dibagikan 6) setelah guru menjelaskan maka siswa dipersilahkan untuk bertanya 7) Guru memberikan tugas disetiap kelompok untuk membuat cerita pendek dengan tema yang diberikan guru. 8) setelah siswa membuat cerita pendek guru menugaskan masing-masing kelompok untuk mempresentasikannya 9) guru memberikan tanggapan kepada masing-masing kelompok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Cerita pendek, CIRC, Hasil belajar |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | bagus indra |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 05:36 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 05:36 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6464 |