Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VII SMP 4 Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024

Laksmi, Ni Nyoman Ayu Tri (2024) Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas VII SMP 4 Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.477.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other

Download (196kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.477.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1) Mengetahui implementasi pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis cerpen pada siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024; (2) Mengetahui langkah-langkah pengimplementasian pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis cerpen pada siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis cerpen pada siswa kelas VII E SMP 4 Kuta Utara. Meningkatnya aktivitas siswa tampak dari keantusiasan siswa dalam merespon pembelajaran. Siswa aktif dalam pembelajaran di kelas dan mampu memahami materi serta menyelesaikan tugas yang diberikan. Selanjutnya, jika ditinjau dari hasil belajar siswa, peningkatan hasil menulis cerpen terlihat dari hasil penugasan yang diberikan oleh pendidik kepada siswa dan dapat ditinjau dari nilai rata-rata tes siswa. Pada tahap prasiklus siswa memperoleh nilai rata-rata 5,28 pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata 7,39 dan pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 8,46. Hal tersebut dapat dilihat dari siswa yang mampu merangkai cerita, pemilihan kata yang tepat, keselarasan kalimat satu dengan yang lainnya serta siswa dapat menciptakan suatu karya tulis berupa cerpen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Hasil Belajar, SSCS (Search, Solve, Create, and Share)
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Hasil Belajar
F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > SSCS (Search, Solve, Create, and Share)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 13 Jun 2024 05:18
Last Modified: 13 Jun 2024 05:18
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6463

Actions (login required)

View Item
View Item