Sari, I Gusti Ayu Kade Novita (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Projek Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Obervasi Pada Siswa Kelas VIII B SMP Pelangi Dharma Nusantara Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.476.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other
Download (144kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.476.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Pelangi Dharma Nusantara Denpasar pada keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan diterapkan metode berbasis projek (2) mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah metode berbasis projek yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII B SMP Pelangi Dharma Nusantara Denpasar. Mengenai data hasil belajar siswa dan dianalisis secara kualititatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi dan tes. Jadi hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode berbasis projek untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII B SMP Pelangi Dharma Nusantara Denpasar. Meningkatkan keterampilan menulis tersebut dapat dilihat dari antusias siswa ketika pembelajaran dikolaborasikan dengan metode berbasis projek, selain itu siswa pula siswa mulai aktif dengan langkah pembelajaran (penemuan, dan realita) yang telah dilakukan dalam metode berbasis projek, peningkatan ini pula dapat dilihat hasil keterampilan menulis teks laporan hasil observasi, peningkatan ini pula dapat dilihat dari hasil keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan kreatifitas dari objek yang ada yang didapat dari lingkungan sekolah siswa. Sesuai dengan observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran menggunakan metode tersebut, siswa menunjukan peningkatan dalam hasil belajar hingga merespons tindakan dilakukan di dalam kelas; (1) siswa mengikuti proses pembelajaran dengan sangat amat antunsias karena melibatkan suasana yang ada lingkungan sekolah, siswa, jadi siswa mampu menulis teks laporan hasil observasi, (2) seluruh siswa bersedia ikut dalam tindakan kelas yang dilakukan di kelas pada setiap siklus dengan prosedurnya masing-masing, (3) siswa menjadi tahu akan pentingnya dalam pengawasan, selain itu siswa dapat mengetahui bahwa melihat kejadian, kegiatan hingga tulisan seseorng menjadi inspriratif dan komunikatif. Hasil bahwa metode ini terbukti efektif dilihat pula dari Prasiklus dimana prasiklus tersebut menjelaskan apa itu teks laporan hasil observasi di lanjutkan dengan Siklus I dan Siklus II, Prasiklus mendaptkan nilai 58,8, Siklus I 75,6 dan Siklus II 80,8.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi, Hasil Belajar Berbasis Proyek |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | bagus indra |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 05:04 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 05:04 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6462 |