Analisis Deskriptif Retorika Interpersonal Pragmatik pada Tuturan Direktif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar

Cahyani, Ni Komang Triulan (2024) Analisis Deskriptif Retorika Interpersonal Pragmatik pada Tuturan Direktif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.474.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other

Download (181kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.474.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (779kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi tiga hal: (1) fungsi retorika interpersonal pragmatik pada tuturan direktif guru dan siswa, (2) bentuk retorika interpersonal pragmatik pada tuturan direktif guru dan siswa, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi retorika interpersonal pragmatik pada tuturan direktif guru dan siswa. Subjek penelitian ini terdiri atas seorang guru dan siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di kelas XI.1. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, rekam dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) fungsi retorika interpersonal pragmatik pada tuturan direktif guru dan siswa requertives (meminta dan memohon), permissives (memberi izin, mengabulkan dan memperkenankan), advisories (menyarankan, memperingatkan, menasihatkan, mendorong, dan mengusulkan), requierments (menginstruksikan), questions (bertanya), dan prohibitives (melarang). (2) bentuk retorika interpersonal pragmatik pada tuturan direktif guru dan siswa imperatif, introgatif dan deklaratif. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi retorika interpersonal pragmatik pada tuturan direktif guru dan siswa faktor Jarak sosial diantara penutur dan lawan tutur (penutur memiliki kedudukan lebih tinggi), Faktor situasi komunikasi, dan Faktor tujuan tuturan dengan menunjukan kesimpatian penutur.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: retorika interpersonal, pragmatik, tuturan direktif
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Tuturan Direktif
F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Bahasa Indonesia) > Retorika Interpersonal
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: bagus indra
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:33
Last Modified: 13 Jun 2024 03:33
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item
View Item