TEFI, DORTIA ROSWITA (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPS (SEJARAH) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of BAB I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.155.FKIP-Sejarah_BAB I-II.pdf - Other
Download (242kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.155.FKIP-Sejarah.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (901kB)
Abstract
Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan, karena kurikulum merupakan komponen pendidikan yang di jadikan acuan oleh satuan pendidikan,baik oleh pengelola maupum oleh pelenyelengga,khususnya oleh guru dan kepala sekolah. Implementasi karakter dan kompetensi peserta didik,yang harus kreatif dalam memilih, serta mengembangkan motode dan materi pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang penerapkan menggunakan Kurikulum 2013 adalah mata pelajaran IPS. Dimana dalam kurikulum 2013 ini disiplin ilmu pengetahuan sosial saling berinteraksi satu sama lain sehingga mempunyai tujuan yang sesuai dengan ilmu sosial yang sebenarnya.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan fungsi kurikulum bagi dunia pendidikan. (2) Mendeskripsikan cara mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter siswa melalui mata pelajaran IPS (Sejarah) di SMP Dwijendra Denpasar. Untuk mencapai tujuan diatas,digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menjelaskan lebih menekankan pada kekuatan analisa data pada sumber sumber data yang ada. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Fungsi kurikulum bagi dunia pendidikan sebagai sarana untuk mengukur kemampuan diri sendiri dan konsumsi pendidikan. Disamping itu kurikulum juga memiliki fungsi yang berkaitan dengan pencapaiam target-target yang membuat peserta didik dapat dengan mudah memahami berbagai materi yang disajikan oleh guru dalam proses pembelajaran. (2) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter siswa melalui mata pelajaran IPS (Sejarah) di SMP Dwijendra Denpasar dilakukan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan,dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | R/155/FKIP-SEJ/2024 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum IPS, Karakter Siswa |
Subjects: | F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Sejarah) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | kadek gandarini |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:52 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 04:52 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6387 |