ANALISIS KESALAHAN DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA SOAL TRIGONOMETRI

UTARI, NI PUTU RISKA (2024) ANALISIS KESALAHAN DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA SOAL TRIGONOMETRI. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
2001842020002-14-36.pdf - Other

Download (651kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2001842020002.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang banyak memberikan kontribusi dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih banyak ditemukan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika salah satunya pada soal trigonometri kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kesalahan, apa penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut dan bagaimana penerapan scaffolding dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi trigonometri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 4 Denpasar dengan jumlah sebanyak 28 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis jenis-jenis kesalahan, reduksi data, pemberian scaffolding, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada soal trigonometri adalah kesalahan konseptual dilakukan sebanyak 39,34%, kesalahan prosedural dilakukan sebanyak 24,6%, kesalahan teknikal dilakukan sebanyak 36,06%. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa adalah: (1) Siswa terlalu terburu-buru dalam menyelesaikan soal yang diberikan, (2) Siswa kurang teliti dalam menghitung, (3) Siswa tidak fokus dalam mengerjakan soal yang diberikan, (4) Siswa kurang teliti dalam memasukkan data pada soal, (5) Siswa kurang memanfaatkan waktu dengan baik saat mengerjakan soal, (6) Ketidakpahaman siswa dalam mengerjakan soal, (7) Siswa tidak memeriksa kembali pekerjaannya sebelum dikumpulkan. Kecendrungan bentuk scaffolding yang diberikan antara lain: (1) Explaining, (2) Reviewing, (3) Resctucturing, (4) Developing Conseptual Thinking.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/471/FKIP-MAT/2024
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Tahapan Kastolan, Trigonometri Kontekstual, Scaffolding.
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Sejarah)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: kadek gandarini
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:30
Last Modified: 10 Jun 2024 04:30
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item
View Item