Diani, Anak Agung Istri Intan Pradnya (2024) Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4637.FEB-AK_BAB I-II.pdf - Other
Download (185kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4637.FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (596kB)
Abstract
Nilai perusahaan adalah pandangan investor terhadap suatu perusahaan tercermin melalui harga sahamnya, semakin tinggi harga saham mengindikasikan peningkatan nilai perusahaan dalam persepsi investor. Terdapat 73 jumlah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang listing ke Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Sehingga akan menimbulkan persaingan yang ketat antar industri dan membuat investor akan dihadapkan oleh banyaknya pilihan saat berinvestasi. Perusahaan yang mampu bertahan dan terus berkembang akan mempunyai nilai yang tinggi di mata investor sehingga pemegang saham tidak ragu untuk menginvestasikan modal yang dimilikinya pada perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI Tahun 2020 - 2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah MRA (Moderated Regression Analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan Corporate Social Responsibility mampu memoderasi hubungan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan arah negatif. Artinya bahwa variabel profitabilitas dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai moderasi memperlemah profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan variabel lain atau menambah variabel lain yang lebih relevan terhadap nilai perusahaan, seperti ukuran perusahaan dan kebijakan dividen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Corporate Social Responsibility |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Profitabilitas |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:04 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:04 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6298 |