Peranan Emotional Shopping Memediasi Pengaruh Diskon Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Tiktokshop Di Denpasar

Lestari, Ni Kadek Dwik (2024) Peranan Emotional Shopping Memediasi Pengaruh Diskon Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Tiktokshop Di Denpasar. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.6041.FEB-MAN_BAB I-II.pdf - Other

Download (186kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.6041.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

E-commerce merupakan perdagangan elektronik yang banyak diminati oleh masyarakat karena mempermudah proses pembelian serta dapat menghemat waktu dan tenaga. Oleh karena itu konsumen memiliki ketertarikan sehingga tanpa disadari banyak konsumen melakukan impulse buying. Impulse buying bisa terjadi karena adanya diskon dan sering kali konsumen berbelanja karena kebutuhan hedonis serta di dorong dengan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh diskon dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying, pengaruh diskon dan motivasi belanja hedonis terhadap emotional shopping, pengaruh emotional shopping terhadap impulse buying, serta pengaruh diskon dan motivasi belanja hedonis dimediasi emotional shopping terhadap impulse buying pada pengguna e-commerce tiktokshop di Denpasar. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berdomisili di Denpasar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 responden. Alat analisis yang digunakan untuk mengkaji hipotesis adalah Structural Equation Modeling dari SmartPLS. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada pengguna e-commerce tiktokshop di Denpasar. Motivasi belanja hedonis tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada pengguna e-commerce tiktokshop di Denpasar. Diskon dan Motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional shopping pada pengguna e-commerce tiktokshop di Denpasar. Emotional shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada pengguna e-commerce tiktokshop di Denpasar. Diskon dan Motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying yang di mediasi oleh emotional shopping pada pengguna ecommerce tiktokshop di Denpasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Diskon, Motivasi Belanja Hedonis, Emotional Shopping, Impulse Buying
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Impulse Buying (Pembelian Impulsif)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 15 May 2024 04:24
Last Modified: 15 May 2024 04:24
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6240

Actions (login required)

View Item
View Item