Pengaruh Profitabilitas, Consumer Proximity, Media Exposure, Environmental Sensitivity, Dan Agresivitas Pajak Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022

Dewi, Ni Putu Ayuni Candra (2024) Pengaruh Profitabilitas, Consumer Proximity, Media Exposure, Environmental Sensitivity, Dan Agresivitas Pajak Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.4598.FEB-AK_BAB I-II.pdf - Other

Download (220kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.4598.FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (633kB)

Abstract

Corporate social responsibility adalah salah satu kontribusi perusahaan dalam tanggung jawab sosial terhadap pembangunan berkelanjutan perusahaan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan perusahaan. CSR merupakan strategi perusahaan dalam memenuhi kepentingan stakoholders yang ada. CSR juga merupakan salah satu strategi bisnis perusahaan. kegiatan CSR perusahaan memiliki tujuan untuk menyelaraskan visi misi perusahaan dengan nilai-nilai yang timbul di masyarakat dan lingkungan sosial. Dengan adanya pengungkapan CSR yang baik, perusahaan diharapkan mampu mendapatkan legitimasi dari masyarakat, sehingga perusahan mampu meningkatkan kinerja nya yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. CSR sangat penting untuk diterapkan dalam perusahaan, mengingat semakin banyaknya persaingan bisnis yang semakin kompetitif dan ketat di era sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh profitabilitas, consumer proximity, media exposure, environmental sensitivity dan agresivitas pajak terhadap corporate social responsibility. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Populasi yang digunakan adalah sebanyak 151 perusahaan. sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Sehingga total sampel adalah 297 data perusahaan amatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yag diperoleh dari laporan tahunan perusahaan yang diakses melalui website BEI. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel media exposure dan agresivitas pajak berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility. namun variabel profitabilitas, consumer proximity dan environmental sensitivity tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, corporate social responsibility, consumer proximity, environmental sensitivity, agresivitas pajak
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Profitabilitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:49
Last Modified: 25 Apr 2024 03:49
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item
View Item