Pratiwi, Ni Putu Noviani (2024) Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan yang ada pada Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4545.FEB-AK_BAB I-II.pdf - Other
Download (188kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.4545.FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (737kB)
Abstract
Nilai perusahaan tidak hanya dapat digambarkan pada harga saham suatu perusahaan saja, untuk mengukur tingginya perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan alat yang dapat digunakan yaitu Price to Book Value (PBV) dan Price Earning Ratio (PER). PBV dihitung untuk mengetahui berapa perbandingan nilai saham dan nilai buku yang dimiliki oleh perusahaan. Semakin tinggi nilai saham yang dimiliki maka skor yang dimiliki perusahaan akan meningkat. Sedangkan price earning ratio (PER) merupakan jumlah dari modal atau uang yang rela dikeluarkan oleh investor untuk mendapatkan keuntungan. Semakin tinggi nilai PER, diharapkan laba atau keuntungan dari perusahaan akan meningkat dikemudian hari. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 37 perusahaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling dan diuji menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal, ukuran perusahaan dan leverage tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.Adapun saran lebih menganalisis sub kelompok dan pemecahan variabel dapat memberikan wawasan tambahan dengan mempertimbangkan perbedaan industri (contohnya, bank konvensional dibandingkan dengan bank syariah) atau memecah variabel tertentu menjadi sub-kategori untuk memahami lebih dalam hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Struktur modal, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Profitabilitas F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Ukuran Perusahaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 05:39 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 05:39 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6041 |