PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SINDUJIWA ARTHA JAYA DI GIANYAR

ASHARI, NI KADEK PINGKI DWI (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SINDUJIWA ARTHA JAYA DI GIANYAR. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of BAB I-II] Text (BAB I-II)
R.5693 FEB-MAN (2).pdf - Other

Download (232kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
R.5693 FEB-MAN (1).pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (890kB)

Abstract

Abstrak

Loyalitas konsumen secara umum dapat diartikan sebagai kesetiaankonsumen terhadap suatu produk, barang dan jasa tertentu. Pelanggan yang loyaltidak hanya membeli produk kita berulang-ulang, tapi juga berkomitmen danmenujukkan sikap positif terhadap perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dankepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada Koperasi Simpan Pinjam SindujiwaArtha Jaya Di Gianyar.Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 1.528 orang nasabah tabungan.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Jumlahsampel yang diambil sebanyak 94 orang. Teknik analisis dalam penelitian iniyaitu pengujian instrument penelitian, uji asumsi klasik, uji model fit, persamaanregresi linier berganda, dan uji hiptesis.Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Kualitas pelayananberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada KoperasiSimpan Pinjam Sindujiwa Artha Jaya. 2) Promosi berpengaruh positif dansignifikan terhadap loyalitas nasabah pada Koperasi Simpan Pinjam SindujiwaArtha Jaya. 3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitasnasabah pada Koperasi Simpan Pinjam Sindujiwa Artha Jaya.

Abstract

Consumer loyalty can generally be defined as consumer loyalty to aparticular product, goods and services. Loyal customers not only buy ourproducts over and over again, but are also committed and show a positive attitudetowards the company. The purpose of this study was to determine and explain theeffect of service quality, promotion, and trust on customer loyalty at the KoperasiSimpan Pinjam Sindujiwa Artha Jaya in Gianyar.The population in this study were 1,528 savings customers. The samplingtechnique was carried out by purposive sampling. The number of samples takenwas 94 people. The analysis technique in this study is testing the researchinstrument, classical assumption test, model fit test, multiple linear regressionequation, and hyptesis test.The results of this study are as follows: 1) Service quality has a positiveand significant effect on customer loyalty at Koperasi Simpan Pinjam SindujiwaArtha Jaya in Gianyar. 2) Promotion has a positive and significant effect oncustomer loyalty at the Koperasi Simpan Pinjam Sindujiwa Artha Jaya inGianyar. 3) Trust has a positive and significant effect on customer loyalty atKoperasi Simpan Pinjam Sindujiwa Artha Jaya in Gianyar..

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R.5693 FEB-MAN / 2024
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, promosi, kepercayaan, loyalitas nasabah
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Loyalitas Pelanggan (Customer Loyalty)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen
Depositing User: dewa adhi satriawan
Date Deposited: 04 Mar 2024 04:45
Last Modified: 04 Mar 2024 04:45
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5832

Actions (login required)

View Item
View Item