Penerapan Metode Guide Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Kelas VII D SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024

Putri, Aulia (2024) Penerapan Metode Guide Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Kelas VII D SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.472.FKIP-INDO_BAB I-II.pdf - Other

Download (277kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.472.FKIP-INDO.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan keterampilam menulis melalui penerapan metode Guide Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII D SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode observasi dan tes untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang membuktikan bahwa metode Guide Writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada tes awal (pretest) yaitu 39,8 dengan kategori kurang kemudian meningkat pada siklus I yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 58,9 dengan kategori cukup. Dibandingkan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik sebesar 76,9 pada siklus II dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: menulis, teks deskripsi, metode pembelajaran, Guide Writing
Subjects: F. BAHASA ASING > Bahasa Indonesia > Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 24 Feb 2024 02:33
Last Modified: 24 Feb 2024 02:33
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item
View Item