Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Penerapan Sistem Samsat Drive Thru, Kualitas Pelayanan Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kabupaten Badung

Amandasari, Ni Putu Deski (2024) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Penerapan Sistem Samsat Drive Thru, Kualitas Pelayanan Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kabupaten Badung. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.4435.FEB-AK_BAB I-II.pdf - Other

Download (206kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.4435.FEB-AK.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pajak merupakan iuran yang dibayarkan oleh rakyat kepada negara yang pelaksanaannya dapat dipaksakan tanpa adanya balas jasa. Semakin pesatnya perkembangan zaman membuat seluruh lapisan masyarakat menjadi semakin terpacu untuk memenuhi segala kebutuhannya, salah satunya yaitu kebutuhan akan alat transportasi. Perkembangan jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat, pada kenyataannya jumlah wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Kabupaten Badung terus mengalami fluktuasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, kewajiban moral, penerapan sistem samsat drive thru, kualitas pelayanan pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Kabupaten Badung. Populasi dalam penelitian ini adalah 457.080 yang merupakan wajib pajak kendaraan bermotor aktif di Kantor SAMSAT Kabupaten Badung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin dan ditentukan berdasarkan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data primer menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder berupa database yang diperoleh dari Kantor SAMSAT Kabupaten Badung. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kewajiban moral dan kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Kabupaten Badung. Variabel kesadaran wajib pajak, penerapan sistem samsat drive thru, dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Kabupaten Badung. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel lain yang mempunyai pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Penerapan Sistem Samsat Drive Thru, Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Akuntansi > Pajak Kendaraan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Akuntansi
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:56
Last Modified: 23 Feb 2024 04:56
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5804

Actions (login required)

View Item
View Item