KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII 10 SMP NEGERI 4 DENPASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP

PUTRA, KADEK DWI PURNAMA (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII 10 SMP NEGERI 4 DENPASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP. Other thesis, Universitas Mahasaraswati.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.468.FKIP-MAT_BAB I-II.pdf - Other

Download (235kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.468.FKIP-MAT.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematika di Indonesia merujuk pada hasil tes PISA
(Programme for International Student Assesment) yang diselenggarakan oleh OECD
(Organization for Economic Cooperation and Development) tidak menunjukkan
peningkatan yang signifikan selama 22 tahun, yaitu sejak tahun 2000 hingga 2022.
Skor PISA Indonesia 2022 menurun meskipun secara peringkat mengalami
kenaikan.Penurunan skor PISA Indonesia diduga lantaran ketertinggalan pembelajaran
atau learning loss akibat pandemic Covid-19 yang dinilai jauh lebih rendah dari ratarata global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi siswa
didalam menyelesaikan soal PISA konten change dan relationship kelas VIII.10 di
SMP Negeri 4 Denpasar
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek penelitian adalah 4 orang siswa kelas VIII 10 SMP Negeri 4
Denpasar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis dengan soal
yang diadaptasi dari PISA, dan wawancara
Berdasarkan hasil penelitian mengenai kemampuan literasi matematika siswa
kelas VIII.10 SMP Negeri Denpasar pada soal nomor 1 sebanyak 82%, soal nomor 2
sebanyak 74%, soal nomor 3 sebanyak 78%, soal nomor 4 sebanyak 60,5%, dan
nomor 5 sebanyak 34%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan
literasi matematika siswa lebih banyak berada pada soal 1 dan 3 dengan perolehan 82%
dan 78%. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, sebaiknya guru
lebih banyak memberikan soal kontekstual serta menjalin komunikasi yang lebih baik
kepada siswa. Selain itu, siswa juga sebaiknya melatih diri dengan menjawab soal-soal
kontekstual dan lebih percaya diri serta berani untuk mengutarakan pendapatnya
mengenai kesulitan yang dialami dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: R/468/FKIP-MAT/2024
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Literasi Matematika, PISA
Subjects: F. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (Matematika) > Literasi Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: bagus dwi
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:48
Last Modified: 22 Feb 2024 03:48
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5780

Actions (login required)

View Item
View Item