Pengaruh Waktu Tunggu terhadap Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Resep Depo Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Daerah Mangusada, Badung

Widnyani, Ni Kadek Indah Amelia (2024) Pengaruh Waktu Tunggu terhadap Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Resep Depo Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Daerah Mangusada, Badung. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

[thumbnail of Bab I-II] Text (Bab I-II)
R.149.FARMASI_BAB I-II.pdf - Other

Download (118kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
R.149.FARMASI.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Waktu tunggu adalah rentang waktu dari pasien mendapatkan nomor antrian pengambilan obat sampai petugas depo farmasi menyerahkan obat kepada pasien. Tingginya tingkat kunjungan pasien dan banyaknya jumlah resep yang diterima oleh petugas tentu dapat membuat pasien menunggu terlalu lama untuk mendapatkan obat. Hal ini akan mempengaruhi kepuasan pasien di depo farmasi rawat jalan. Pasien akan merasa puas jika pelayanan yang diberikan oleh petugas depo farmasi rawat jalan melebihi harapan pasien yaitu mendapatkan obat tanpa perlu menunggu terlalu lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh waktu tunggu terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan resep depo farmasi rawat jalan di Rumah Sakit Daerah Mangusada, Badung Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analitik dengan pendekatan secara cross sectional yaitu proses ukur dilakukan sekali dalam waktu yang serempak (bersamaan), instrument yang digunakan yaitu kuesioner dengan metode servqual menggunakan skala Likert. Penelitian ini menggunakan dua variabel. Varibel bebas adalah waktu tunggu dalam pelayanan resep depo farmasi rawat jalan menurut persepsi pasien dan variabel terikat adalah kepuasan pasien dalam pelayanan resep depo farmasi rawat jalan. Penelitian ini menggunakan 100 responden. Data dianalisis menggunakan uji univariat dan uji bivariat dengan metode Chi-Square. Analisis data bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh waktu tunggu terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan resep depo farmasi rawat jalan di Rumah Sakit Daerah Mangusada, Badung Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh waktu tunggu terhadap kepuasan pasien. Ditemukan satu pernyataan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien yaitu pernyataan terkait dengan kesalahan penyerahan obat. Peneliti menduga rendahnya literasi pasien membuat pasien tidak mampu menilai kualitas pelayanan dengan semestinya, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu, kepuasan pasien, pelayanan resep, rawat jalan
Subjects: F. FARMASI > Pelayanan Resep
Divisions: Fakultas Farmasi > Sarjana Farmasi
Depositing User: ida bagus indra pratama
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:21
Last Modified: 22 Feb 2024 03:21
URI: http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item
View Item