Sidartha, Luh Putri Lucyana (2024) Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Gacoan Di Kecamatan Gianyar. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
![[thumbnail of Bab I-II]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.5696.FEB-MAN_BAB I-II.pdf - Other
Download (223kB)
![[thumbnail of Full text]](https://eprints.unmas.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
R.5696.FEB-MAN.pdf - Other
Restricted to Registered users only
Download (955kB)
Abstract
Pemasaran memiliki peran sentral dalam kesuksesan bisnis, karena bahkan produk biasa dapat menjadi sukses dengan strategi pemasaran yang kuat, sementara produk berkualitas tinggi tidak akan mencapai potensinya tanpa pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran yang sukses menciptakan kepercayaan dan nilai bagi pelanggan, memahami kebutuhan mereka, dan memudahkan pengambilan keputusan pembelian. Di era digital, pemasaran melalui media social dan word of mouth elektronik (e-WOM) menjadi penting, dengan jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta pada Januari 2023. Pemasaran melalui platform seperti Instagram dan TikTok menjadi populer, meskipun juga menghadapi tantangan dalam bentuk ulasan pro dan kontra. Selain itu, citra merek juga memainkan peran penting dalam keputusan pembelian, dengan isu-isu seperti sertifikasi halal dan kontroversi produk dapat memengaruhi persepsi konsumen tersebut. Penelitian ini berdasarkan Theory of Planned Behavior (TPB) untuk memahami bagaimana niat dan perilaku konsumen yang berhubungan dengan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Gianyar. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 112 responden konsumen yang pernah berbelanja di Mie Gacoan di Kecamatan Gianyar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Korelasi Berganda, Uji Determinasi (R2), Uji Hipotesis yang diolah menggunakan aplikasi IMB SPSS 25.0 for Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mie Gacoan di Kecamatan Gianyar, 2) electronic word of mounth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Mie Gacoan di Kecamatan Gianyar, 3) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mie Gacoan di Kecamatan Gianyar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social media marketing, electronic word of mounth, citra merek dan keputusan pembelian |
Subjects: | F. EKONOMI DAN BISNIS > Ekonomi Manajemen > Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Manajemen |
Depositing User: | ida bagus indra pratama |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 02:04 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 02:04 |
URI: | http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5764 |